Skip links

Pilihan beasiswa untuk kuliah di luar negeri

Banyak siswa bercita-cita untuk kuliah di luar negeri, entah itu untuk memulai gelar sarjana atau melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, seperti magister atau doktor.

Namun, studi di luar negeri bukan hanya tentang mencari gelar. Hal ini juga menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman luar biasa dengan bertemu dengan mahasiswa dari seluruh dunia, merasakan pendidikan dan lingkungan kerja di skala internasional, serta membuka peluang karier yang lebih luas di masa depan.

Tentu saja, ada banyak manfaat dari studi di luar negeri, tetapi kendala biaya seringkali menjadi halangan bagi banyak siswa untuk mewujudkan impian mereka.

“Cross-cultural learning and studying abroad can be transformative”

Amal Clooney

Namun, jangan khawatir, saat ini ada berbagai pilihan beasiswa untuk studi di luar negeri yang bisa dimanfaatkan. Setiap tahun, ada peluang untuk mendapatkan beasiswa S1, S2, atau S3 dari pemerintah, lembaga swasta, atau langsung dari universitas.

Agar memudahkan Anda dalam memilih beasiswa yang tepat, berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang perlu Anda ketahui, serta daftar beasiswa tahun 2023 untuk kuliah di negara-negara berbahasa Inggris seperti Australia, Irlandia, Kanada, Inggris, dan Selandia Baru. Jangan lupa untuk mencatat dan mencari informasi lebih lanjut tentang setiap beasiswa yang tertarik!

4 Jenis Beasiswa Studi di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa adalah peluang untuk mengejar pendidikan di negara lain. Banyak jenis beasiswa yang ada, dan mungkin sulit bagi Anda untuk memilih satu. Ada beberapa jenis beasiswa berdasarkan pihak penyedia.

Beasiswa Pemerintah

Beasiswa ini didanai oleh pemerintah dan terbuka untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga karyawan. Pemerintah, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta lembaga dan departemen pemerintahan lainnya, menawarkan beragam beasiswa. Salah satu yang terkenal adalah Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang memfasilitasi kuliah di luar negeri.

Beasiswa Pihak Swasta

Beberapa perusahaan swasta juga memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di luar negeri secara gratis. Biasanya, program beasiswa dari pihak swasta ini disesuaikan dengan jenis industri yang ditekuni oleh perusahaan tersebut.

Beasiswa Perguruan Tinggi

Sebagai institusi pendidikan tingkat lanjut, perguruan tinggi internasional juga memberikan berbagai bentuk bantuan dana akademik bagi mahasiswa atau calon mahasiswa, salah satunya berupa beasiswa. Beberapa contoh beasiswa yang diminati oleh banyak orang termasuk yang ditawarkan oleh University of Toronto, Australian National University, atau University of Sheffield.

Beasiswa Negara Maju

Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara negara maju dan negara berkembang dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Selain membantu dalam pembiayaan pendidikan bagi pelajar, beasiswa ini juga dapat memberikan dukungan dalam hal fasilitas pendidikan, seperti meningkatkan pusat penelitian di negara berkembang.

 

Leave a comment

Explore
Drag